Resep Wajik Gula Jawa Rasa Legit – Ini dia jajanan tradisional yang tetap menjadi faforit kebanyakan masyarakat Indonesia. Wajik makanan khas indonesia asli yang diwariskan oleh nenek moyang kita terdahulu.

Pada jaman serba modern ini wajik masih juga sering kita temui, diberbagai acar besar seperti hajatan sebagai suguhan para tamu. Karena rasanya yang manis dan gurih wajik sangat banyak diminati oleh masyarakat dari dulu hingga kini.

Loading...

 Resep Wajik Gula Jawa Rasa Legit

Resep Wajik Gula Jawa Rasa Legit

Wajik adalah salah satu jenis jajana basah, tetapi jajanan ini masih bisa bertahan sampai dengan 4-5 hari. Berbeda dengan  jajanan basah lainya yang biasanya hanya mampu bertahan 2 hari paling lama. Karena bahan dasar beras ketan dan santan kelapa yang dimasak hingga memakan waktu yang sedikit agak lama, yang menjadikan jajanan ini awet bertahan hingga 5 hari lamanya.

Biasanya wajik serng dibuat dengan beraneka warna seperti warna hijau, pink, dan juga warna coklat yang akan kita praktekkan bersama kali ini. Warna coklatnya bukan dari coklat masak ya bunda tapi dari gula jawanya. Gula jawa juga menambah rasa gurih dan legit pada wajik lho bunda.

Untuk sebagian para bunda memang sudah tak asing dengan makanan ini, karena resep membuat wajik ini selalu diturun temurunkan dari jaman dahulu, namun bagi para pemula sepertinya resep ini sangat pas, agar bunda yang belum terbiasa membuat jajanan ini kini bisa membuatnya sendiri dirumah.Langsung saja yuk kita simak Resep Wajik Gula Jawa Rasa Legit dibawah ini

Bahan bahan Resep Wajik Gula Jawa Rasa Legit

  • 400 gram beras ketan putih, direndam terlebih dahulu selama kurang lebih 2 jam
  • 25 ml air panas
  • 250 ml santan yang diperoleh dari 1 butir kelapa parut yang diperas
  • 250 gram gula merah, disisir halus
  • 3 lembar daun pandan, lalu diikat
  • 1/2 sendok teh garam
  • daun pisang untuk alas secukupnya

Resep Wajik Gula Jawa Rasa Legit

Resep Wajik Gula Jawa Rasa Legit

cara membuat

  • langkah awal membuat wajik adalah jika beras telah selesai direndam dan dibersihkan , kemudian kukus beras ketan selama kurang lebih 30 menit sambil, aroni menggunakan air panas pada saat 15 menit pertama dan masak kembali.
  • Selanjutnya rebus santan bersama gula merah didalam sebuah wajan besar sambil diaduk agar santan tidak pecah, proses memasak santan ini membutuhkan waktu sedikit agak lama sampai santan mengeluarkan minyak, agar proses selanjutnya menjadi lebih cepat.
  • Jika santan sudah tua dan mengeluarkan minyak masukkan ketan yang telah dikukus tadi kedalam santan, aduk aduk sambil menggunakan api yang kecil. Masak sampai santan meresap dan adonan menjadi tidak lengket lagi.
  • Tes menggunakan sendok plastik jika sudah tidak lengket matikan api dan angkat.
  • Letakkan dalam sebuah loyang persegi yang telah dialasi dengan daun pisang, dan potong potong jika sudah dingin. Karena jika jajanan ini belum dingin betul wajik akan sedikit hancur jika diiris.

Selesai sudah cara membuat wajik. Nah untuk bunda yang sangat menyukai rasanya dan belum bisa membuatnya segera praktekkan dirumah ya.

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *