Resep Talam Ubi Kuning – Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia kaya akan makanan dan minuman kulinernya, hal ini dikarenakan di setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki kuliner yang berbeda – beda dengan cita rasa yang lezat. Ada salah satu makanan kuliner atau jajanan khas Indonesia yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia pada umumnya, jajanan yang dimaksud adalah talam ubi. Masyarakat Indonesia baik itu dari kalangan anak – anak, remaja, hingga orang dewasa sudah sangat menyukai kue talam ubi ini.

Kue talam pada umumnya dibuat dengan menggunakan bahan adonan tepung yang meliputi tepung terigu, tepung beras, tepung sagu, dan bahan pelengkap lainnya. Awalnya kue talam hanya memiliki satu jenis saja, namun dengan semakin berkembangnya jajanan kuliner saat ini, maka kue talam sudah mulai dibuat dengan beberapa jenis antara lain kue talam pandan, kue talam lapis ketan, kue talam ubi, dan lain – lainnya.

Loading...

Dari beberapa jenis kue talam tersebut, kue talam ubi menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Kue talam ubi sendiri memiliki beberapa macam jenisnya yaitu kue talam dengan menggunakan ubi ungu, ubi kuning, atau ubi putih. Nah jika Anda penasaran dan ingin mencoba untuk membuat kue talam ubi maka dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai resep dan cara membuat kue talam ubi kuning spesial untuk Anda.

Resep Talam Ubi Kuning

Resep Talam Ubi Kuning yang Manis dan Istimewa

Bahan – bahan untuk lapisan pertama :

  • 400 gram Ubi kuning
  • 100 gram Tepung kanji
  • 100 gram Tepung beras
  • 150 gram Gula pasir
  • 300 ml Santan kelapa
  • 1 sendok makan Agar – agar bubuk putih
  • 1 sendok makan Garam

Bahan – bahan untuk lapisan kedua :

  • 3 sendok makan Tepung beras
  • 50 gram Tepung kanji
  • 200 ml Santan kental
  • 1 sendok makan Garam

Cara membuat talam ubi kuning yang manis dan istimewa :

  1. Mula – mula kita harus membuat lapisan pertama terlebih dahulu yaitu ubi kuning yang sudah dibersihkan dan dicuci dengan air mengalir dikukus hingga benar – benar matang dan empuk.
  2. Setelah ubi kuning matang, kupas kulitnya hingga bersih dan letakkan di dalam sebuah wadah.
  3. Lalu haluskan ubi kuning tersebut dan campurkan bersama dengan tepung kanji, tepung beras, santan kental, garam, agar – agar, serta gula pasir.
  4. Aduk – aduk semua bahan tersebut hingga tercampur secara merata dan lembut.
  5. Kemudian siapkan cetakan kue talam dan olesi cetakan dengan menggunakan minyak goreng hingga merata agar nantinya kue talam tidak lengket pada cetakan.
  6. Setelah itu tuangkan adonan lapisan pertama ke dalam cetakan secukupnya saja dan jangan sampai penuh.
  7. Lalu kukus adonan lapisan pertama dalam cetakan tersebut sekitar 10 menit hingga matang, kemudian angkat.
  8. Tahap selanjutnya untuk adonan lapisan bawah yaitu campurkan tepung kanji, tepung beras, santan, dan garam di dalam sebuah wadah.
  9. Aduk – aduk semua bahan tersebut hingga tercampur sempurna dan merata.
  10. Tuangkan adonan lapisan bawah ke dalam cetakan yang sudah berisi adonan lapisan atas tadi hingga penuh.
  11. Kukus kembali adonan selama kurang lebih 15 menit hingga matang sempurna.
  12. Apabila sudah matang, angkat dan balikkan cetakan kue di atas piring saji agar kue talam terlepas dari cetakannya, diamkan sejenak agar kue talam dingin.
  13. Setelah dingin maka kue talam ubi kuning sudah siap untuk dinikmati.

Resep Talam Ubi Kuning dan Cara Membuatnya

Nah itulah resep dan cara membuat kue talam ubi kuning yang bisa Anda praktekkan di rumah. Kue talam ubi kuning memamng paling pas jika dinikmati setelah kue dingin dan agar tampulan kue talam ubi kuning lebih menarik maka bisa ditambahkan dengan topping berupa coklat meises, parutan keju, parutan daging kelapa, atau bahan topping lainnya.

Selain itu kue talam ubi kuning juga cocok sekali dijadikan sebagai hidangan yang disuguhkan untuk tamu yang sedang berkunjung ke rumah Anda. Bahkan pada saat bulan puasa pun biasanya kue talam dapat disajikan bersama dengan kolak.

Selamat mencoba.

talam ubi, resep talam ubi



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *