Resep Selai Srikaya Pandan – Selai merupakan bahan yang digunakan untuk olesan untuk roti tawar atau makanan lainnya sebelum dikonsumsi. Pada umumnya selai dibuat dari bahan berupa buah – buahan segar seperti buah stroberi, blueberry, pisang, dan lain – lainnya. Namun ada salah satu selai yang tidak menggunakan bahan berupa buah – buahan yaitu selai srikaya. Jika mendengar namanya saja pasti akan terpikir dengan manis dan lembutnya selai srikaya tersebut karena berasal dari buah srikaya.

Namun sayangnya pikiran tersebut adalah salah kaprah, karena selai srikaya tidak dibuat dengan menggunakan buah srikaya sama sekali. Selai srikaya dibuat dengan menggunakan bahan dasar berupa gula, telur, dan juga santan yang dicampur jadi satu. Selai srikaya cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, tetapi belum diketahui secara pasti darimana asal selai srikaya ini. Selai srikaya sendiri sudah banyak dijual di toko – toko swalayan atau supermarket yang tersebar di seluruh penjuru wilayah Indonesia.

Loading...

Selai diberi nama srikaya karena mungkn rasa manis dari selai yang satu ini mirip dengan manisnya buah srikaya. Penamaan tersebut sama halnya dengan kue biji ketapang yang dinamai dengan biji ketapang karena bentuknya yang menyerupai biji ketapang asli. Selai srikaya ini sangatlah disukai oleh berbagai kalangan masyarakat baik itu anak – anak, remaja, hingga orang dewasa sekalipun. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat sendiri selai srikaya maka dapat menyimak informasi resep dan cara membuat selai srikaya pandan di bawah ini.

Resep Selai Srikaya Pandan

Resep Selai Srikaya Pandan yang Enak dan Manisnya Terasa

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 200 cc Santan kental yang masih fresh
  • 50 gram Gula Jawa
  • 4 butir Kuning telur
  • 3 – 4 lembar Daun pandan (dipotong – potong) atau bisa menggunakan esense pandan secukupnya
  • 4 sendok makan Gula pasir

Cara membuat selai srikaya pandan yang enak dan manisnya terasa :

  1. Langkah pertama yaitu siapkan terlebih dahulu panci rebusan, tuangkan air santan segar, masukkan daun pandan yang sudah dipotong – potong, dan gula pasir.
  2. Panaskan semua bahan tersebut hingga mendidih secara sempurna dan usahakan ketika merebus bahan – bahan tersebut menggunakan api kecil dan sedang agar tekstur santan tidak pecah, serta aduk – aduk terus.
  3. Jika sudah mendidih, matikan nyala api kompor dan sisihkan.
  4. Tahap berikutnya adalah kocok kuning telur dalam sebuah wadah kemudian ambil sedikit campuran santan, masukkan ke dalam kocokan telur.
  5. Aduk – aduk semua bahan hingga tercampur menjadi satu, lalu masukkan lagi ke dalam adonan santan sembari terus mengaduk – aduk bahan hingga tercampur merata.
  6. Selanjutnya panaskan campuran tadi dengan menggunakan api kecil, aduk – aduk perlahan dan masak selama 5 menit hingga mengental.
  7. Jika sudah mengental, angkat dan biarkan hingga dingin.
  8. Selai srikaya yang sudah dingin sudah bisa untuk digunakan namun jika Anda ingin menyimpan selai agar bertahan lama dapat dituangkan ke dalam toples dan tutup rapat – rapat.

Resep Selai Srikaya Pandan dan Cara Membuatnya

Itulah resep dan cara membuat selai srikaya pandan yang enak dan manisnya terasa. Anda dapat membuat selai srikaya pandan ini dengan mengikuti langkah demi langkah proses pembuatan resep selai srikaya pandan di atas. Dengan membuat selai srikaya pandan sendiri akan memiliki lebih banyak keuntungan seperti lebih ekonomis, lebih higienis, terhindar dari bahan pengawet, dan lain – lainnya.

Walaupun membuat selai srikaya pandan terbilang mudah, Anda harus tetap telaten dalam mengolah selai ini seperti pada saat memasak sebaiknya perhatikan tingkat kekentalan dari selai srikaya pandan yang Anda buat, jika terlalu kental maka akan membuat selai susah menempel pada roti tawar.

Selamat mencoba.

Resep selai srikaya pontianak, resep selai srikaya, resep selai srikaya pandan



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *