Resep Rengginang – Rengginang merupakan salah satu makanan ringan atau sejenis kerupuk tebal yang dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa nasi atau beras ketan yang dibentuk pipih dan dikeringkan di bawah terik panas matahari lalu digoreng. Rengginang sendiri adalah kudapan yang asli dari Indonesia, khususnya pulau Jawa. Memanglah rengginang ini berbeda dari jenis kerupuk – kerupuk lainnya, karena rengginang memiliki cita rasa yang gurih dan enak.

Rengginang memang sangat berbeda dari jenis kerupuk lainnya yang biasanya dibuat dari adonan tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo. Rengginang memiliki tekstur yang utuh, bahkan nasi yang digunakan tetap membentuk butiran nasi atau ketan bisa dibilang masih terlihat dan tampak.

Terkadang dalam membuat rengginang, masyarakat Jawa biasa memanfaatkan nasi sisa yang tidak di makan, lalu dijemur dan dikeringkan untuk kemudian di goreng menjadi rengginang. Saat ini rengginang sudah memiliki ragam variasi rasa yang cukup banyak misalnya rengginang rasa asin, rasa manis, rasa terasi, rasa udang atau rasa lorjuk (kerang bambu).

Rengginang sudah banyak dijual di toko – toko atau pasar tradisional dengan harga yang sangat terjangkau. Para pedagang biasanya menjual rengginang sudah dalam kemasan plastik, namun ada juga pedagang yang menjual rengginang dalam bentuk mentah yang siap untuk digoreng sendiri di rumah. Apabila Anda ingin membuat rengginang, di bawah ini kami bagikan informasi bagaimana resep dan cara membuat rengginang yang enak dan kriukkkk.

Resep Rengginang

Resep Rengginang yang Gurih dan Kriukkkk

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 2 liter Beras ketan putih (dicuci bersih, lalu direndam selama 5 jam)
  • 2 kilogram Minyak goreng
  • Air bersih secukupnya
  • 1/2 sendok teh Ketumbar
  • 3 siung Bawang putih
  • 1 sendok teh Garam halus
  • 5 gram Penyedap rasa (rasa apa saja sesuai selera)

Cara membuat Rengginang yang Gurih dan Kriukkkk antara lain :

  1. Mula – mula siapkan cobek beserta ulekannya lalu campurkan bawang putih, garam, ketumbar, dan penyedap rasa. Ulek semua bahan tersebut hingga halus dan tercampur merata.
  2. Setelah itu beras ketan putih yang sudah direndam selama 5 jam ditiriskan, kemudian kukus beras ketan putih dengan menggunakan panci kukusan (langseng) selama 10 menit di atas kompor dengan api sedang.
  3. Kemudian angkat beras dan campurkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi bersama beras ketan putih, aduk – aduk hingga tercampur merata.
  4. Selanjutnya yaitu tuangkan 500 ml air panas ke dalam campuran bahan tadi dan aduk – aduk hingga bumbu meresap dengan beras ketan putih tersebut.
  5. Lalu kukus kembali dengan menggunakan langseng panas selama 15 menit.
  6. Setelah itu angkat dan siapkan loyang atau nampan yang akan digunakan untuk meletakkan hasil cetakan rengginang.
  7. Kemudian ambillah 1 sendok makan atau bisa sesuai selera beras ketan yang sudah matang tadi lalu pipihkan dan bentuk bulat pada nampan.
  8. Lakukan dan ulangi proses yang sama hingga selesai mencetak rengginang. Jangan lupa untuk memberikan jarak antara hasil cetakan rengginang satu dengan lainnya.
  9. Setelah itu jemur rengginang di bawah terik matahari hingga benar – benar kering, waktu menjemur rengginang membutuhkan waktu selama 3 hari.
  10. Jika rengginang sudah kering, maka selanjutnya adalah menyiapkan wajan penggorengan dan tuangkan minyak goreng yang agak banyak ke dalam wajan.
  11. Panaskan minyak goreng tersebut lalu goreng rengginang hingga mekar dan matang.
  12. Apabila dirasa sudah matang, angkat dan tiriskan.
  13. Rengginang siap untuk dinikmati dan disajikan.

Resep Rengginang dan Cara Membuatnya

Catatan : Agar rengginang yang dibuat bisa tahan lama dan tetap kriukkkk maka sebaiknya rengginang yang sudah digoreng disimpan di dalam toples dan ditutup rapat.

Demikianlah resep dan cara membuat rengginang yang gurih dan kriukkkk yang proses membuatnya cukup mudah. Namun jauh – jauh hari sebelum membuat rengginang sebaiknya Anda harus merendam beras ketan putih terlebih dahulu untuk persiapan. Rengginang bisa menjadi kudapan spesial bagi keluarga Anda karena rengginang bisa dinikmati kapan saja.

Selamat menikmati.

cara membuat rengginang dari nasi sisa, cara membuat rengginang dari beras biasa, Resep rengginang, cara membuat rengginang dari nasi, Rengginang, cara membuat rengginang rasa keju, resep rengginang udang, resep rengginang dari nasi, resep rengginang nasi, cara membuat rengginang, Cara membuat rengginang manis, rengginang nasi, Cara membuat rengginang nasi, cara buat rengginang nasi, cara membuat rengginang rasa udang, membuat rengginang dari nasi sisa, resep rengginang nasi sisa, resep membuat rengginang nasi, resep rengginang rasa udang, cara membuat rengginang dari tepung beras, membuat rengginang nasi, rengginang tepung beras, cara buat ringginang mekar dan gurih, cara membuat rengginang beras, cara bikin rengginang supaya merekah, resep membuat rengginang mekar, foto keripik reginan beras, cara membuat rengginang beras biasa, buat renginang pake nasi, tips renginang mini

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *