Resep Puding Lapis Alpukat – Negara Indonesia termasuk dalam negara beriklim tropis dengan dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Jika musim hujan tiba, semua masyarakat Indonesia pastinya membutuhkan makanan dan minuman yang hangat – hangat. Sebaliknya jika musim kemarau tiba, sebagian besar warga Indonesia akan mencari referensi makanan dan minuman yang menyegarkan serta memiliki asupan gizi yang baik untuk kebugaran tubuh.

Salah satu hidangan yang cocok dinimati saat musim kemarau datang adalah puding lapis alpukat. Hmmm mendengar namanya saja pasti sudah membuat tergiur dan membayangkan kesegarannya. Menikmati puding sama halnya dengan gaya hidup sehat karena memang puding adalah salah satu hidangan bergizi. Untuk tampilan puding lapis alpukat dan santan bisa dibilang sangat menarik. Hal ini dikarenakan adanya perpaduan antara bahan – bahan yang digunakan menghasilkan warna cerah dan mencolok.

Loading...

Mungkin saat ini masih ada saja beberapa masyarakat Indonesia yang belum pernah tau dengan puding lapis alpukat. Puding ini termasuk dalam hidangan penutup atau dessert yang dapat dinikmati kapan saja, terutama saat musim kemarau. Puding lapis alpukat ini tidak melulu harus berwarna hijau, karena puding ini memiliki kombinasi warna susunan atau lapisan yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Baiklah, tanpa perlu berpanjang lebar lagi, yuk langsung saja disimak informasi resep dan cara membuat puding lapis alpukat yang menyegarkan dan enak.

Resep Puding Lapis Alpukat

Resep Puding Lapis Alpukat yang Menyegarkan dan Enak

Bahan – bahan lapisan pertama :

  • 300 gram Buah alpukat
  • 800 cc Santan kelapa
  • 2 ½ sendok makan Gula pasir
  • 120 gram Gula pasir
  • 1 bungkus Agar – agar bubuk putih
  • ¼ sendok teh Garam halus
  • 2 lembar Daun pandan (diikat simpul)

Bahan – bahan lapisan kedua :

  • 200 gram Gula pasir
  • 2 bungkus Agar – agar bubuk putih
  • Garam halus secukupnya
  • 1.5 liter Santan kelapa
  • 2 tetes Pewarna merah
  • 2 lembar Daun pandan

Cara membuat lapisan puding pertama :

  1. Mula – mula terlebih dahulu haluskan alpukat dengan campuran 2½ sendok makan gula pasir dengan menggunakan blender hingga benar – benar halus dan lembut, lalu sisihkan terlebih dahulu.
  2. Setelah itu buatlah adonan puding untuk lapisan pertama dengan mencampurkan gula pasir, agar – agar putih, santan kelapa, dan daun pandan dalam sebuah panci rebusan.
  3. Kemudian aduk – aduk semua bahan hingga larut dan tercampur secara merata.
  4. Lalu letakan panci yang berisi bahan lapisan puding pertama diatas kompor dengan nyala api kecil, rebus hingga mendidih sambil terus diaduk – aduk.
  5. Setelah itu tambahkan buah alpukat yang sudah dihaluskan ke dalam panci rebusan, aduk – aduk kembali semua bahan hingga merata dan biarkan mendidih kembali.
  6. Apabila sudah mendidih, angkat dan biarkan dingin dalam suhu ruangan.
  7. Jika sudah dingin ambil cetakan puding, lalu tuangkan adonan puding ke dalam cetakan tersebut.

Cara membuat lapisan puding kedua :

  1. Siapkan panci rebusan, masukan agar – agar bubuk putih, garam halus, santan kelapa, daun pandan, dan gula pasir
  2. Kemudian aduk – aduk semua bahan hingga merata dan rebus hingga mendidih.
  3. Jika sudah mendidih bagi adonan menjadi 2 bagian dan berilah masing – masing pewarna makanan sesuai selera.
  4. Setelah itu tuangkan adonan yang telah diberi pewarna ke dalam cetakan yang telah berisi lapisan puding pertama, lalu diamkan agar lapisan kedua ini sedikit mengeras.
  5. Kemudian tuangkan lagi adonan puding yang menggunakan warna satunya ke dalam cetakan puding, diamkan hingga mengeras dan padat.
  6. Kemudian masukkan dan simpan dalam lemari es agar lebih dingin, bila sudah dingin siap untuk dihidangkan.

Catatan : Untuk urutan lapisan puding bisa menyesuaikan selera dan kreasi masing – masing

Resep Puding Lapis Alpukat dan Cara Membuatnya

Demikianlah resep dan cara membuat puding lapis alpukat. Cukup mudah dan simple sekali proses pembuatan puding tersebut. Sehingga Anda bisa membuat hidangan ini kapan saja untuk dihidangkan di waktu santai atau berkumpul bersama keluarga. Puding lapis alpukat bisa menyegarkan tenggorokan Anda yang kering.

Puding lapis alpukat bisa Anda buat sesuai dengan selera Anda untuk tingkat lapisan dan variasi warnanya. Selain itu Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan campuran seperti butiran mutiara atau jeli di dalam puding untuk menambahkan sensasi kenyal.

Selamat mencoba.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *