Resep Puding Karamel – Pada ulasan sebelumnya sudah membahas jenis puding buah dengan menggunakan buah naga sebagai bahan utamanya, kali ini kami akan mengulas jenis puding lainnya yang memiliki rasa yang tidak kalah dengan puding buah naga. Puding yang kami maksud adalah puding karamel. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa puding adalah salah satu hidangan selingan yang dapat dikonsumsi kapan saja dan dimana saja.

Puding sendiri memiliki tekstur yang lembut dan empuk dengan dipadukan cita rasa yang manis. Pada umumnya memanglah puding biasa menggunakan buah – buahan sebagai bahan utamanya, namun ternyata puding juga bisa dibuat tanpa harus menggunakan jenis buah – buahan tersebut. Puding karamel ini dibuat dengan menggunakan campuran susu cari, agar – agar, gula pasir, dan beberapa bahan tambahan lainnya. Mungkin di beberapa toko kue atau toko khusus yang menjual berbagai macam puding tentunya sudah tersedia puding karamel ini.

Loading...

Anda bisa saja membeli puding karamel di toko kue tersebut, namun alangkah baiknya jika Anda ingin menikmati puding karamel sebaiknya membuat sendiri di rumah. Selain lebih ekonomis juga puding yang dibuat sendiri akan lebih terjamin tingkat kebersihannya. Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda tentang resep dan cara membuat puding karamel tersebut. Silahkan disimak baik – baik dan siapa tahu Anda suskes mempraktekkannya di rumah.

Resep Puding Karamel

Resep Puding Karamel yang Manis dan Lembut

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 400 ml Susu segar atau susu cair
  • 100 ml Krim kental
  • 5 sendok makan Gula halus (haluskan gula pasir dengan menggunakan blender)
  • 3 butir Telur ayam
  • 2 butir Kuning telur
  • 1 sendok teh Vanila ekstrak atau esense vanila

Bahan – bahan untuk karamel :

  • 5 sendok makan Gula pasir
  • 2 sendok makan Air

Cara membuat puding karamel yang manis dan lembut :

  1. Langkah pertama siapkan panci kecil, masukkan gula pasir dan 2 sendok air, dan letakkan panci tersebut di atas kompor.
  2. Kemudian masak menggunakan api yang sangat kecil agar gula tidak mudah gosong.
  3. Jangan lupa untuk terus mengaduk – aduk dan masak hingga gula mendidih serta berubah warna menjadi keemasan.
  4. Lalu tambahkan 1 sendok makan air lagi, aduk cepat hingga berwarna agak kecoklatan.
  5. Jika sudah, angkat dan segera sendokkan karamel ke dalam cup dari bahan kaca yang tahan panas. Pada proses ini harus cepat karena karamel cepat sekali mengental dan akan sulit untuk diambil nantinya.
  6. Selanjutnya siapkan mangkuk, masukkan telur dan gula, aduk – aduk hingga merata menggunakan spatula balon hanya agar tercampur rata saja. Jangan mengocok telur hingga berbusa lalu sisihkan.
  7. Kemudian siapkan panci kecil, masak susu, vanila ekstrak, dan krim kental menggunakan api kecil saja.
  8. Aduk sesekali agar susu tidak pecah, masak hingga muncul gelembung kecil dan busa. Usahakan jangan sampai susu mendidih dan segera angkat dari kompor lalu diamkan hingga agak mendingin.
  9. Tuangkan susu ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit sambil mengaduk adonan dengan cepat hingga adonan tercampur secara merata.
  10. Setelah itu saring adonan menggunakan saringan halus.
  11. Lalu tuangkan adonan ke dalam cup – cup yang berisi karamel sebelumnya menggunakan sendok sayur dan bagi adonan sama rata. Apabila menggunakan loyang besar maka tuangkan semua adonan langsung ke dalam loyang yang telah diisi dengan karamel.
  12. Tutup cetakan berisi puding dengan alumunium foil, masukkan ke dalam panci kukusan.
  13. Kukus menggunakan api sedang selama 30 menit hingga puding matang. Apabila puding masih lembek dan belum matang, kukus kembali hingga puding keras.
  14. Jika dirasa sudah matang, keluarkan dari kukusan, diamkan puding hingga benar – benar dingin lalu masukkan ke dalam kulkas.
  15. Puding bisa dikonsumsi dengan menyedoknya langsung di cup  atau bisa juga dengan membalikkan puding ke piring kecil agar terlepas dari cetakan.
  16. Puding karamel sudah siap dinikmati.

Resep Puding Karamel dan Cara Membuatnya

Itulah resep dan cara membuat puding karamel yang manis dan lembut. Proses pembuatannya sangatlah simpel. Puding karamel selain dapat dinikmati sebagai hidangan penutup atau camilan selingan di rumah, ternyata puding karamel juga dapat disajikan dalam acara arisan keluarga.

Selamat mencoba.

resep puding karamel buat, resep puding karamel in cup



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *