Resep Plecing Kangkung Bali, Enak  – Ini nih kabar baik bagi para pecinta makanan pedas serta yang hobby makan sayur mayur. Iya plecing kangkung, makanan yang mempunyai khas rasa pedas.

Makanan ini sangat populer di daerah pulau Bali dan Lombok, akan tetapi setiap daerah mempunyai ciri khas masing masing.

Loading...

Resep Plecing Kangkung Bali, Enak

Bedanya terletak pada sambal dan biasanya jika plecing lombok menggunakan tambahan sayur yang lain yaitu sayur taoge. Tetapi sama sama mempunyai cita rasa yang pedas, mengingat masyarakat disana sangat menyukai berbagai makanan yang mempunyai cita rasa pedas.

Kangkung sangat disukai dan sangat cocok dilidah masyarakat Indonesia khususnya, cara penggolahanya yang sangat gampang dan bisa dipergunakan untuk berbagai macam makanan seperti contoh dioseng, di
rebus,dan di campur untuk bahan membuat pecel serta rujak. Dan resep yang akan kita bahas kali ini juga
tak kalah enak dan sedapnya yaitu plecing kangkung.
Hal inilah yang menjadikan kenapa kangkung sangat banyak dibudidayakan di Indonesia, selain cara
penggolahanya yang gampang dan disukai banyak orang.

Kangkung sangat mudah kita temui mulai dari pedagang keliling, pasar pasar sayur, hingga supermaket super maket besar menyediakan sayuran yang bernama kangkung dan harganyapun juga sangat terjangkau. Kangkung yang di ketahui berasal dari india ini, biasanya memiliki 2 tempat tumbuh lho, yaitu didarat dan diair.

Dan sayuran kangkung yang sering kita temui disekitar kita ini adalah jenis kangkung darat, Kenapa demikian? dikarenakan jenis kangkung ini lebih mudah budidayakan, oleh karena itu petani di Indonesia lebih suka menanam kangkung darat dari pada kangkung air Bunda .

Sudah cukup panjang lebar uraian tentang kangkunya, saatnya kita lihat saja langsung cara membuat dan bahan apa saja yang dipergunakan untuk membuat makanan yang sangat populer di daerah pulau Bali ini.

Resep Plecing Kangkung Bali, Enak

Bahan bahan membuat plecing kangkung;

-2 ikat kangkung yang masih segar
-100 ml air
-2 sdk makan, minyak goreng
-1 buah jeruk limau segar

bahan sambal yang dihaluskan;

– 1 sdk teh terasi yang telah dibakar terlebih dahulu
– 1 buah tomat segar yang berwarna merah
– 3buah cabai besar yang berwarna merah yang masih segar
-4 buah cabai rawit, atau baleh dikurangi bagi yang tidak kuat yang telalu pedas dan ditambah jika suka
makanan yang sangat pedas
3 siung bawang putih
-2 siung bawang merah
– gula dam garam secukupnya

Cara membuat;

-Langkah pertama yaitu didihkan air bersama sedikit garam dan masukkan kangkung yang sudah dibersihkan kedalamnya, garam berfungsi untuk menghindari kangkung berubah warna menjadi kecoklatan saat direbus
– Lama proses merebusnya tergantung selera, ada yang menyukai kangkung yang sangat matang dan ada pula yang menyukai sayur kangkung setengah matang.
– Selanjutnya adalah proses pembuatan sambelnya, haluskan semua bahan yang telah dipersiapkan untuk bumbu halusnya, sebaiknya untuk menghaluskannya gunakan cobek jagan menggunakan blender agar sambel lebih nikmat dan mantap.
-Setelah itu panaskan wajan dan tuangkan sambal yang telah dihaluskan, tambahkan terasi, sedikit air, dan minyak goreng kedalamnya.
– Gunakan api yang kecil saja dan biarkan sampai air meresap.
-Setelah air berkurang matikan api dan sisihkan agar hilang uap panasnya, sekarang tinggal penyajianya saja
– Letakkan kangkung di sebuah piring, lalu siram menggunakan sambal tadi diatasnya dan beri sedikit perasan air jeruk limau di atanya, dan plecing kangkung telah siap disajikan.

Selesai Bunda proses membuat plecing kangkungnya, bagaimana mudah bukan cara membuatnya tak memerlukan alat serta waktu yang terlalu lama dan rumit. Biasanya plecing ini disajikan bersama dengan taburan kacang tanah goreng dan di nikmati dengan makanan yang lainya seperti ayam bakar, ikan bakar, dan lain lain. Sayang banget kan jika harus dilewatkan tanpa harus dicoba terlebih dahulu. Selamat mencoba dan semoga sukses.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *