Resep Pizza Telur – Pizza merupakan salah satu jenis makanan siap saji yang memiliki cita rasa yang enak dan lezat. Pizza sebenarnya adalah makanan yang sangat populer dan berasal dari Amerika. Asal tahu saja, pizza termasuk sejenis roi bundar dan pipih yang dipanggang dalam oven serta ditambahkan dengan saus dan berbagai macam toping seperti sosis, daging sapi cincang, pepperoni, daging asap, ayam, tuna, atau seafood. Bahkan di Indonesia sendiri pizza adalah makanan yang banyak diminati oleh kalangan anak muda.

Namun bagaimana jika topping pizza menggunakan topping telur yang dipecahkan diatas adonan pizza kemudian dipanggang? Pasti sangatlah membuat penasaran dan ingin tahu seperti apa rasanya. Ini merupakan salah satu inovasi terbaru untuk membuat pizza yang unik dan berbeda dari pizza lainnya. Namun secara keseluruhan bahan dan cara membuatnya sama seperti bagaimana membuat pizza secara umum. Oke deh langsung saja, kita simak informasi resep dan cara membuat pizza telur di bawah ini.

Loading...

Resep Pizza Telur

Resep Pizza Telur yang Enak dan Menggoda Selera

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 220 gram Tepung terigu protein tinggi
  • 1/2 sendok teh Ragi instan
  • 1 sendok makan Minyak zaitun atau minyak sayur biasa
  • 1/2 sendok teh Garam
  • 150 ml Air hangat

Bahan – bahan topping pizza :

  • 5 lembar Daging asap (dipotong memanjang)
  • 3 butir Telur ayam
  • 1/2 blok (80 – 100 gram) Keju Kraft (diparut atau cincang kasar)
  • 2 sendok makan Keju parmesan atau cheddar parut.
  • 1 batang Daun bawang (dicincang halus)
  • 1 butir Bawang merah (dicincang halus)
  • 8 buah Tomat cherry (dibelah menjadi dua bagian)

Cara membuat Pizza Telur yang Enak dan Menggoda Selera :

  1. Mula – mula menyiapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan garam lalu aduk kedua bahan hingga tercampur secara merata. Lalu sisihkan.
  2. Selanjutnya siapkan mangkuk kecil, masukkan air hangat kuku dan tambahkan  ragi instan kemudian aduk – aduk hingga larut, diamkan selama 5 menit.
  3. Setelah tuangkan campuran air dan ragi, serat minyak zaitun ke dalam campuran tepung dan garam lalu biarkan cairan meresap ke dalam tepung sebentar, dengan menggunakan tangan aduk – aduk adonan hingga tercampur secara merata. Uleni adonan kira – kira selama 15 menit hingga halus, lembut, dan kalis.
  4. Jika adonan sudah terasa lembut dan lunak, maka selanjutnya bagi adonan menjadi dua bagian yang sama besarnya, lalu bentuk adonan menjadi bulat – bulat
  5. Setelah itu siapkan 2 buah plastik dan masukkan 1/2 sendok teh minyak sayur ke dalam setiap plastik, lalu masukkan adonan dan goyangkan plastik adonan agar minyak menyatu dan melumuri adonan secara merata.
  6. Kemudian ikatlah bagian ujung plastik dengan tali atau karet hingga rapat dan simpan di dalam lemari es selama semalaman.
  7. Keesokan harinya siapkan oven dan letakkan rak pemanggang pada bagian tengah oven, lalu panaskan oven selama kurang lebih 30 menit dengan mengatur suhunya mencapai 200 derajat Celcius.
  8. Setelah itu keluarkan adonan dari dalam lemari es dan diamkan adonan sebentar selama kurang lebih 10 menit dengan suhu ruang agar adonan mengembang dan menjadi sangat lentur.
  9. Selanjutnya potong – potong daging asap dan goreng dengan 1 sendok makan minyak sayur hingga kering dan renyah, kemudian angkat dan tiriskan.
  10. Tahap selanjutnya siapkan loyang datar untuk memanggang adonan lalu taburi loyang dengan tepung terigu secara merata.
  11. Letakkan adonan pada bagian tengah loyang lalu tipiskan adonan dengan cara menekannya menggunakan ujung jari, dan lebarkan adonan sesuai dengan selera.
  12. Kemudian berilah taburan keju Kraft, daging asap, tomat cherry, dan keju parmesan atau keju cheddar parut pada permukaan adonan pizza.
  13. Setelah itu taburi juga dengan setengah bagian daun bawang dan irisan bawang merah, lalu pecahkan telur di permukaan pizza (usahakan agar kuning tetap utuh).
  14. Panggang pizza selama kurang lebih 20 – 30 menit hingga berubah warna menjadi kecoklatan dan telurnya matang.
  15. Jika dirasa sudah matang, angkat dan keluarkan pizza dari dalam oven, biarkan hingga pizza agak dingin lalu potong – potong pizza sesuai selera dan pizza telur siap dihidangkan.

Resep Pizza Telur dan Cara Membuatnya

Itulah resep dan cara membuat pizza telur yang enak dan menggoda selera. Proses pembuatannya cukuplah mudah, bukan? Walaupun demikian, Anda harus tetap membutuhkan ketelatenan selama proses pembuatan pizza telur agar pizza telur yang dibuat bisa enak dan sesuai dengan harapan.

Pizza telur dapat dijadikan sebagai camilan atau hidangan selingan yang patut untuk dicoba di rumah. Selain itu pizza telur juga dapat dimanfaatkan sebagai bekal untuk anak ke sekolah maupun saat Anda pergi bekerja, piknik, dan lainnya.

Selamat mencoba.

pizza telur, aneka pizza telur, cara membuat pizza telur, cara membuat pizza telur sederhana, resep pizza telur, cara pembuatan pizza telur, cara bikin pizza telor



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *