Resep Membuat Pepes Nasi Isi Jerohan Ayam – Bunda binggung mau masak apa hari ini? dan bosan banget dengan olahan yang itu itu aja. Dan terkadang pun sudah capek capek masak eh malah gak dimakan , kan kesel banget tentunya ya bund.Yuk coba resep pepes nasi isi jerohan pada menu makan kali ini, agar sekali sekali berbeda dari menu biasanya.

Bahan dan bumbunya sih sama itu itu saja, akan tetapi cara penggolahan dan penyajiannya yang berbeda kali ini untuk bisa menambah selera makan anda dan keluarga.

Loading...

Resep Membuat Pepes Nasi Isi Jerohan Ayam

Resep Membuat Pepes Nasi Isi Jerohan Ayam

Pepes nasi ini sangat sederhana dan mudah cara membuatnya bunda tinggal membungkus nasi yang telah diaroni bersama dengan tumisan jeroan ayam dan bumbu kedalamnya. Kemudian tinggal dibungkus dengan daun pisang dan dikukus, jika suka boleh juga di bakar agar lebih nikmat lagi. Aroma nasi ini sangat enak sehingga mampu meningkatkan nafsu makan.

Dan sepertinya bunda sudah tidak sabar lagi untuk mengetahui prosenya. Yuk langsung saja kita intip proses Resep Membuat Pepes Nasi Isi Jerohan Ayam dibawah ini.

Bahan bahan Resep Membuat Pepes Nasi Isi Jerohan Ayam

500 gr beras cuci bersih dan tiriskan
2 sdm minyak goreng untuk menumis
450 ml santan, yang diperoleh dari 1/2 butir kelapa
1/2 potong dada ayam rebus, dan cincang kasar
2 buah ati ampela, rebus dan potong menyesuaikan bentuk daging dada ayam tadi
2 batang daun bawang,cincang halus terlebih dahulu
3 buah cabe merah potong potong
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
4 lbr daun salam
4 lengkuas, iris tipis
2 batang serai, iris tipis
Daun pisang untuk membungkus nasi
Tusuk gigi

Resep Membuat Pepes Nasi Isi Jerohan Ayam

Resep Membuat Pepes Nasi Isi Jerohan Ayam

Bahan bahan bumbu halus

5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri, sangrai terlebih dahulu
1/2 sdm merica butiran
1/2 sdt penyedap rasa , apabila diperlukan

Cara membuat

– pertama tama kita kukus terlebih dahulu beras yang telah dicuci bersih dan ditiriskan tadi, samapi beras menjadi aron
– sambil menunggu beras menjadi aron kita haluskan terlebih dahulu bumbu yang telah dipersiapkan untuk bumbu halus tadi, menggunakan cobek atau blender. samapi bumbu menjadi halus.
– Selanjutnya tumis bumbu halus bersama minyak goreng, tambahkan lengkuas, serai dan daun salam. Tumis sampai bumbu tercium baunya.
-Potongan dada ayam dan ati apmpela juga masukkan kedalam tumisan bumbu. Tambahkan juga gula garam serta santan, aduk rata dan masak sampai mendidih
– Jika sudah mendidih santanya giliran beras aron yang dimasukkan kedalamnya sambil diaduk aduk agar tidak gosong, sampai santan meresap hakedalam beras, tambahkan sisa bahan dan aduk merata.
– Matikan api dan angat untuk diproses selanjutnya.
– Siapkan daun pisang dan beri alas selembar daun salam. Kemudian ambil kira kira 1 sendok sayur nasi aron, letakkan pada daun tersebut. Gulung dan rapikan sisinya jagan lupa sematkan lidi pada sisinya
– Lakukan sampai semua bahan habis terbungkus. Dan selanjutnya kukus kedalam pengukusan yang telah dipanaskan terlebih dahulu.
– Kira kira 45 menit nasi ini sudah bisa diangkat. Dan bisa langsung dinikmati selagi hangat.

Selsai sudah proses membuat pepes nasi isi jerohan ayamnya, bagai mana mudahkan. sajikan pepes nasi bersama bahan pelengkap lainya seperti krupuk, sambal atau bersama berbagai tambahan lauk lainya sesuai selera bunda. Dan resep ini bisa juga dipadukan dengan berbagai tambahan bahgan lain seperti ta,mnahan sayuran atau daging lainya. Selamat mencoba dan sampai jumpa pada resep resep berikutnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *