Resep Kue Putu – Kue putu adalah salah satu jenis kue yang dibuat dari tepung beras dan diberi bahan isian berupa gula merah dan parutan kelapa. Jika diperhatikan secara sekilas, kue putu mirip dengan kue klepon, namun kedua kue ini sangatlah berbeda karena kue putu bentuknya bulat panjang menyerupai bentuk silinder dan bertekstur lembut dan rasanya gurih manis.

Dengan seiring berkembangnya jaman, kue putu sudah semakin jarang dijumpai dan sudah jarang yang menjualnya. Padahal biasanya setiap sore hari atau menjelang senja, banyak sekali pedagang putu keliling yang menjajakan kue putu dengan membawa gerobaknya keliling kompleks sekitar rumah kita.

Loading...

Bahkan ada keunikan tersendiri dari penjual kue putu ini dimana para pedagang kue putu keliling mengukus kue putu dengan bambu kecil dan mengeluarkan bunyi yang khas pada saat kue putu dikukus. Kue putu sangatlah disukai oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia baik kalangan anak – anak, remaja, hingga orang dewasa. Bagi Anda yang ingin sekali dan rindu akan kelezatan dari kue putu, maka sebaiknya Anda membuat kue putu sendiri di rumah dengan mengikuti resep dan cara membuat kue putu yang kami informasikan di bawah ini.

Resep Kue Putu

Resep Kue Putu yang Empuk, Legit dan Bikin Nagih

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 375 gram Tepung beras kering
  • 125 gram Gula merah (disisir tipis)
  • 300 ml Air
  • 1/2 sendok teh Garam
  • 2 lembar Daun pandan
  • 1/2 sendok Pewarna makanan (hijau)
  • 150 gram Kelapa parut (dikukus lalu diberi garam)

Cara membuat kue putu yang empuk, legit dan bikin nagih :

  1. Langkah pertama siapkan panci rebusan yang sudah diisi dengan air, masukkan garam, daun pandan, dan pewarna makanan warna hijau, letakkan panci di atas kompor dengan nyala api sedang.
  2. Rebus bahan – bahan hingga mendidih sembari terus mengaduk – aduk rebusan.
  3. Jika sudah mendidih, angkat dan tuangkan rebusan ke dalam mangkuk yang berisi tepung beras, sembari terus mengaduk – aduk adonan hingga tercampur merata.
  4. Setelah itu siapkan saringan kasar, tuangkan adonan tepung dan tampung adonan hasil penyaringannya.
  5. Selanjutnya ambil cawan berukuran 30 ml, tuangkan 1/2 sendok makan adonan tepung pada cetakan dan berilah lubang pada bagian tengah adonan dengan telunjuk.
  6. Lalu masukkan gula merah sebagai isian kue putu dan tutup kembali dengan adonan tepung hingga rata.
  7. Kemudian balik cetakan kue putu tersebut ke atas loyang datar yang sebelumnya sudah dialasi dengan daun pisang, jangan lupa untuk memberi jarak pada setiap adonan kue putu yang berada di atas loyang tersebut.
  8. Lalu kukus kue putu di atas kompor dengan nyala api besar selama kurang lebih 10 menit hingga kue putu matang.
  9. Apabila kue putu sudah matang, angkat dan letakkan kue putu di atas piring saji.
  10. Langkah terakhir berilah taburan kelapa parut di atas kue putu dan siap untuk disajikan selagi masih hangat.

Resep Kue Putu dan Cara Membuatnya

Itulah resep dan cara membuat kue putu yang empuk, legit dan bikin nagih. Proses membuat kue putu cukup mudah dan bisa Anda buat kapan saja. Apabila menggunakan cetakan bambu, maka sebaiknya memasukkan daun pandan atau daun pisang sedikit saja sebagai alas cetakan barulah masukkan adonan tepung dan isi dengan gula merah dan letakkan bambu dalam keadaan berdiri persis di atas lubang uap atau kukusan.

Kue putu dapat dihidangkan sebagai camilan keluarga yang paling pas dinikmati dengan di sandingkan secangkir teh manis atau kopi untuk menambah kenikmatan camilan tersebut. Untuk warna dari kue putu memang pada umumnya adalah hijau, namun Anda juga bisa berkreasi dengan menggantinya menjadi warna yang sesuai dengan selera Anda.

Selamat mencoba.

kue putu, gambar kue putu, resep kue putu bambu keliling



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *