Resep Kue Jahe – Biasanya pada musim menjelang memperingati hari besar seperti Natal dan Tahun Baru, kebanyakan masyarakat akan mulai mencari dan memikirkan jenis kue apa saja yang akan dihidangkan untuk menyemarakkan hari raya tersebut. Salah satu pilihan yang tepat adalah dengan menghidangkan kue jahe atau disebut juga dengan gingerbread cookies. Menurut sejarahnya, kue jahe sudah ada sejak abad ke- 18 dan kue ini mulai menyebar luas di seluruh daerah benua Eropa.

Bentuk dari kue jahe ini sangatlah unik dengan adanya tekstur kue yang cenderung agak keras. Biasanya benuk dari kue jahe adalah menyerupai rumah jahe atau seperti rumah nenek sihir pada dongeng Hansel and Gretel, selain itu juga dibentuk menyerupai manusia jahe, pohon cemara, dan bentuk unik lainnya. Tak hanya memiliki bentuk yang unik, krim dan permen warna – warni biasanya juga digunakan untuk menghias kue jahe agar lebih menarik.

Loading...

Kue jahe memanglah bukan kue asli dari Indonesia, namun kue ini cukup populer di kalangan umat beragama kristiani. Kue jahe saat ini juga sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan juga sudah ada beberapa toko kue yang menjual kue jahe dengan berbagai variasi yang menarik dan lucu. Namun sebenarnya kue jahe ini bisa dibuat sendiri di rumah, berikut resep dan cara membuat kue jahe yang manis dan istimewa.

Resep Kue Jahe

Resep Kue Jahe yang Manis dan Istimewa

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 350 gram Tepung terigu
  • 100 gram Butter
  • 125 gram Gula palem
  • 1 sendok teh Bubuk kayu manis
  • 2 sendok teh Bubuk jahe
  • 50 gram Gula halus
  • 1/2 sendok teh Soda kue
  • 2 butir Telur
  • 4 sendok makan Madu

Cara untuk membuat Kue Jahe yang Manis dan Istimewa :

  1. Langkah pertama yaitu mencampurkan tepung terigu, soda kue, bubuk jahe, dan kayu manis ke dalam mangkuk, degan cara mengayaknya secara perlahan.
  2. Selanjutnya masukkan butter ke dalam campuran tepung, aduk – aduk menggunakan garpu hingga butter tecampur secara merata bersama dengan campuran tepung.
  3. Kemudian masukkan gula palem dan gula halus yang sudah diayak sebelumnya ke dalam adonan, aduk -aduk adonan hingga tercampur secara merata.
  4. Tahap selanjutnya kocok lepas telur dan madu lalu tuangkan ke dalam tepung, aduk – aduk adonan dengan menggunakan sendok kayu hingga tercampur sempurna.
  5. Lalu tutupi mangkuk dengan plastik wrap atau kain serbet bersih dan diamkan adonan selama 30 menit.
  6. Setelah adonan siap, giling adonan menggunakan rolling pin hingga mencapai ketebalan sekitar 1/2 cm
  7. Kemudian cetak adonan dengan cetakan yang berbentuk natal yaitu seperti manusia jahe, bintang, pohon natal, boneka salju atau bentuk cetakan lainnya sesuai dengan selera.
  8. Letakkan hasil cetakan adonan di atas loyang yang sebelumnya sudah dilapisi kertas roti. Hal ini bertujuan agar adonan tidak lengket pada loyang saat di panggang dalam oven.
  9. Panggang adonan di dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama kurang lebih 12 menit.
  10. Setelah matang, keluarkan kue jahedari dalam oven dan dinginkan.
  11. Kue jahe yang sudah matang dan dingin bisa dihias dengan krim butter atau sesuai dengan selera, kemudian biarkan kue jahe kering sebentar dan kue jahe siap untuk dihidangkan.

Resep Kue Jahe dan Cara Membuatnya

Itulah resep dan cara pembuatan kue jahe yang sangatlah mudah, praktis, dan gampang untuk hidangan hari raya Natal dan Tahun Baru dan dinikmati bersama dengan keluarga dan sahabat tercinta.

Kue jahe sudah menjadi bagian budaya minum teh yaitu suatu budaya dimana orang Eropa bersantai saat sore hari sambil minum teh dan memakan kue – kue kecil. Kue jahe selain rasanya enak juga memiliki manfaat kesehatan seperti mencegah terjadinya kanker dan melancarkan pencernaan.

Selamat mencoba.

kue jahe, resep kue jahe



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *