Resep Kue Eclair – Berbagai jenis kudapan dan camilan Indonesia sangatlah banyak, dari yang lokal hingga kue – kue kelas internasional. Dengan adanya berbagai macam variasi camilan tersebut membuat masyarakat Indonesia semakin ingin mencicipi kue – kue tersebut satu per satu. Salah satu camilan atau kue yang paling populer adalah Eclair. Mungkin bagi beberapa orang nama kue tersebut masih terbilang asing. Namun belakangan ini kue eclair sudah menunjukkan kepopulerannya di Indonesia.

Kue eclair sendiri merupakan kue asal Perancis yang konon katanya pertama kali muncul pada abad ke-19 dengan sebutan “pain a la duchesse” atau ” “petie duchesse”. Kue ini dibuat oleh seorang koki yang sangat terkenal pada masa itu. Memasuki abad ke 20, kue asal Perancis ini oleh masyarakat Indonesia lebih dikenal dengan istilah “eclair” yang memiliki arti “kilatan petir”. Hal ini dikarenakan biasanya kue secara singkat dan cepat akan dimakan.

Loading...

Untuk bisa mencicipi dan menikmati kue eclair sebaiknya datang langsung ke toko – toko roti atau kue. Namun ternyata tidak semua toko roti dan kue menyediakan kue eclair. Oleh karena itu bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin mnecicipi kue eclair sebaiknya Anda membuat sendiri kue tersebut di rumah. Berikut resep dan cara membuat kue eclair yang manis dan sederhana.

Resep Kue Eclair

Resep Kue Eclair yang Manis dan SederhanaBahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 450 ml Susu cair
  • 200 gram Gula pasir (dihaluskan)
  • 1/2 sendok teh Garam
  • 60 gram Tepung maizena (dilarutan dengan 75 ml air matang)
  • 1 butir Kuning telur ayam (dikocok lepas)
  • 1/4 sendok teh Pasta coklat
  • 1 sendok teh Margarin

Bahan – bahan untuk Celupan Kue Eclair :

  • 150 gram Coklat masak pekat (dilelehkan)
  • 25 gram Coklat masak putih (dilelehkan)

Cara membuat Kue Eclair yang Manis dan Sederhana :

  1. Mula – mula yaitu membuat adonan eclair dengan cara mencampurkan air matang, margarin, dan garam dalam sebuah panci.
  2. Kemudian rebus bahan – bahan tersebut hingga mendidih lalu matikan api kompor dan angkat.
  3. Setelah itu masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu ke dalam rebusan yang ada di panci, dan nayalakan kembali kompor dengan api kecil. Aduk – aduk semua bahan dan campurkan hingga merata dan kalis.
  4. Lalu matikan kompor dan tunggulah adonan dingin, kemudian barulah masukkan telur ayam dan kocok hingga tercampur secara merata.
  5. Tahap selanjutnya yaitu siapkan loyang dan olesi dengan margarin tipis -tipis secara merata pada seluruh permukaan loyang.
  6. Kemudian bentuklah adonan eclair secara memanjang 4 – 5 cm atau sesuai selera masing – masing di atas loyang. Jangan lupa untuk memberikan jarak antar cetakan adonan yang satu dengan lainnya.
  7. Selanjutnya menyiapkan oven atau pemanggang dan masukkan loyang yang berisi adonan eclair ke dalam oven lalu panggang dengan menggunakan suhu sebesar 200 derajat Celcius selama 15 menit hingga kue matang.
  8. Jika dirasa sudah matang, angkat dan kelaurkan kue dari dalam oven. Lalu sisihkan.
  9. Setelah itu untuk toping kue eclair, terlebih dahulu campurkan bahan – bahan yaitu susu cair gula pasir dan garam, aduk – aduk hingga tercampur secara merata dan kentalkan dengan menambahkan tepung maizena dan masak diatas api keil hingga meletup – letup.
  10. Kemudian tambahkan kocokan kuning telur, coklat, dan margarin ke dalamnya sembari terus mengaduk – aduk hingga meletup – letup. Lalu angkat dan matikan kompor.
  11. Setelah itu masukkan bahan isian tersebut ke dalam palastik segitiga dan belah kue eclair lalu masukkan bahan isian ke dalam kue tersebut.
  12. Kemudian campurkan coklat pencelup yang sudah dilelehkan sebelumnya ke dalam wadah dan celupkan kue eclair ke dalam campuran coklat tersebut. Atau bisa juga mengoleskan campuran coklat tersebut pada bagian atas kue eclair secara merata.
  13. Terakhir, susun dan letakkan kue eclair di atas piring saji.
  14. Kue eclair siap untuk dihidangkan.

Resep Kue Eclair dan Cara MembuatnyaItulah resep dan cara membuat kue eclair yang bisa diterapkan di rumah. Anda bisa menggunakan kue ini sebagai salah satu camilan keluarga di rumah untuk menemani waktu santai atau waktu kumpul dengan keluarga besar di rumah. Jika di negara yang ada di benua Eropa dan Amerika, kue ini dijadikan sebagai salah satu hidangan makanan penutup yang sangatlah populer.

Hingga nama kue ini dijadikan sebagai salah satu versi dari sistem operasi yang berbasis Android. Kue eclair saat ini sudah banyak jenis dan ragamnya, hal yang membedakan adalah terletak pada toping atau hiasan yang berada di atas kue tersebut. Biasanya toping kue eclair ini berupa coklat, keju, kopi, selai, dan lain – lainnya.

Selamat mencoba.

resep eclair sederhana



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *