Resep Kue Apem – Kue apem merupakan salah satu kue tradisional yang berasal dari daerah Jawa. Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat kue apem meliputi tepung beras, gula merah, gula pasir, dan tape singkong. Kue apem memiliki tekstur yang empuk dengan bentuk bundar dan memiliki warna putih. Kue apem biasanya sering digunakan oleh masyarakat Jawa untuk melengkapi sajian atau hidangan dalam acara – acara tradisional atau ritual tertentu.

Bahkan tak jarang pula kue apem akan dengan mudahnya kita jumpai dalam acara pernikahan, hajatan, atau syukuran. Dengan seiring berkembangnya jaman, saat ini kue apem tidak hanya digunakan dalam acara – acara tradisioanl dan ritual saja. Namun kue apem sudah marak dijual dan tersedia di toko – toko kue yang ada di sepanjang pingir jalan. Harga untuk kue apem juga sangatlah ekonomis dan terjangkau.

Loading...

Kue apem jika dilihat dari segi tampilan sangatlah sederhana namun cita rasa dari kue ini sudah mampu membius masyarakat Indonesia hingga ketagihan dan ingin selalu menikmati kue apem sebagai camilan sehari – hari. Namun jika Anda yang ingin membuat kue apem sendiri di rumah, maka Anda patut menyimak informasi resep dan cara membuat kue apem di bawah ini.

Resep Kue Apem

Resep Kue Apem yang Lembut dan Menggoda Selera

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 275 gram Tepung beras
  • 100 gram Tape singkong
  • ½ sendok makan Ragi instan
  • 100 gram Gula merah (disisir halus)
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 150 ml Air kelapa
  • 250 ml Santan kelapa
  • 1/4 sendok teh Garam

Cara membuat kue apem yang lembut dan menggoda selera :

  1. Langkah pertama yaitu menyiapkan sebuah wadah atau mangkuk besar.
  2. Kemudian masukkan tape singkong dalam wadah dan haluskan lalu  masukkan gula dan ragi instan, aduk – aduk semua bahan dengan cara menguleni dan meremas adonan hingga tercampur merata.
  3. Setelah itu tambahkan tepung beras pada adonan, aduk – aduk kembali hingga adonan tercampur merata dan kalis.
  4. Lalu tuangkan sedikit demi sedikit air kelapa ke dalam adonan sambil terus mengaduk – aduk dan menguleni adonan dengan menggunakan tangan hingga rata selama kira – kira 15 menit.
  5. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam agar adonan mengembang.
  6. Setelah adonan mengembang, siapkan cetakan apem, olesi setiap lubang yang ada pada cetakan dengan margarin secara merata, lalu panaskan cetakan tersebut di atas api kecil.
  7. Jika cetakan sudah panas, tuangkan adonan apem pada setiap lubang cetakan, tutuplah cetakan apem dan tunggu hingga adonan apem matang.
  8. Apabila kue apem sudah matang, angkat dan keluarkan kue dari cetakannya.
  9. Letakkan kue apem di atas piring saji yang sudah disiapkan dan siap untuk dihidangkan.

Resep Kue Apem dan Cara Membuatnya

Demikianlah resep dan cara untuk membuat kue apem yang proses pembuatannya cukup mudah dan tidak ribet. Untuk cetakan kue apem yang digunakan hampir serupa dengan cetakan kue lumpur yang memiliki bentuk bulat dan pipih. Agar kue apem yang dibuat bisa mengembang sempurna sebaiknya jangan menambahkan garam pada adonan karena hal ini dapat membuat jamur ragi mati dan dapat mengakibatkan tekstur kue apem menjadi padat. Kue apem yang Anda buat juga bisa diberikan topping berupa irisan pisang atau daun pandan untuk mempercantik tampilanya dan bisa membuat lebih menarik.

Selain itu dalam penyajian kue apem juga bisa ditambahkan dengan secangkir teh hangat atau kopi hangat sebagai minuman pelengkap untuk menikmati kue apem. Kue apem bisa menjadi camilan yang spesial dihidangkan dalam acara kumpul – kumpul atau arisan keluarga. Kue apem bisa dijadikan sebagai hidangan untuk menemani waktu santai Anda dan melepas penat setelah seharian penuh menjalankan aktivitas dan rutinitas sehari – hari yang padat.

Selamat mencoba.

gambar apem



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *