Resep Kimchi Korea – Apakah Anda penggemar berat drama atau film Korea? Atau bahkan Anda sering nongkrong di restoran Korea yang saat ini sudah banyak sekali menjamur di mana – mana? Jika Anda termasuk dalam salah satunya maka pastinya Anda sudah kenal dan pernah tahu makanan yang bernama kimchi. Kimchi ini memiliki cita rasa yang komplek dimana terdapat rasa antara asam, asin, pedas, dan sedikit manis.

Kimchi merupakan makanan fermentasi tradisional khas Korea yang dibuat dari berbagai macam jenis sayuran dan diolah menggunakan berbagai bumbu khas Korea. Sebenarnya ada raturan jenis kimchi dengan sayuran utama berupa sawi putih, lobak, daun bawang, dan mentimun. Selain itu kimchi juga merupakan jenis lauk yang paling umum dan terkenal di Korea. Dengan berbahan kimchi maka terciptalah berbagai jenis masakan seperti kimchi rebus, sup kimchi, dadar telur kimchi, nasi goreng kimchi, dan masih banyak lagi jenis masakan lainnya.

Bahan utama untuk membuat kimchi meliputi sayuran dan bubuk cabai Korea, kedua bahan tersebut akan dicampurkan kemudian difermentasi selama beberapa waktu yang lama. Kimci sendiri sebenarnya sudah tersedia dan dijual di supermarket Korea dalam bentuk kemasan kimchi instan, namun harganya cukup mahal. Oleh karena itu sebaiknya bila Anda tertarik ingin mencoba kimchi Korea, silahkan membuat sendiri saja. Dalam kesempatan kali ini kami akan beritahukan resep dan cara membuat kimchi yang sederhana.

Resep Kimchi Korea

Resep Kimchi Korea yang Sederhana dan Buat Sendiri

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 3 buah Sawi putih
  • 3 buah Wortel (dipotong – potong menyerupai korek api)
  • 1 buah Lobak (dikupas, dan dipotong – potong menyerupai korek api)
  • 7 batang Daun bawang (dipotong – potong menyerupai korek api)
  • 250 gram Garam halus

Bahan dan bumbu pasta kimchi :

  • 65 gram Tepung beras
  • 750 ml Air bersih
  • 300 gram Cabai bubuk Korea
  • 250 ml Saus atau kecap ikan
  • 125 gram Gula pasir
  • 1 butir Bawang bombay berukuran besar (dicincang)
  • 70 gram Bawang putih (dihaluskan)
  • 1 sendok makan Jahe (dicincang halus)

Cara membuat kimci korea yang sederhana dan buat sendiri :

  1. Menyiapkan potongan lobak di baskom, beri 2 sendok makan garam, remas – remas dan biarkan selama 4 jam hingga layu.
  2. Kemdian cuci bersih lobak selama 3 kali untuk menghilangkan garam yang menempel dan sisihkan.
  3. Selanjutnya siapkan sawi putih, belah bagian pangkal batangnya menjadi dua bagian yang sama besarnya. kemudian bagi lagi masing – masing bagian menjadi dua.
  4. Lalu siram sawi dengan air hingga membasahi seluruh bagian dan sela – sela daunnya.
  5. Kemudian ambil segenggam garam dapur, buka lembaran daun sawi putih dan taburkan garam diantara sela – sela sawi. Pastikan semua lembaran batang sawi dan bagian pangkal batang yang keras digarami secara merata.
  6. Jika sudah selesai, ambillah baskom plastik yang besar atau panci alumunium yang tidak bereaksi dengan garam, lalu susun sawi yang sudah digarami ke dalam baskom dan biarkan selama 2 jam.
  7. Selama 2 jam sawi akan terlihat menyusut dan pada bagian dasar baskom akan terbentuk genangan air yang banyak.
  8. Setelah 2 jam, keluarkan sawi dari baskom dan balikkan posisinya. Jangan buang air yang terdapat di dalam wadah, diamkan lagi sawi kembali selama 2 jam hingga sawi terlihat lemas dan layu.
  9. Cuci bersih masing-masing sawi di bawah air mengalir hingga garam benar-benar hilang, lakukan pekerjaan mencuci ini sebanyak tiga kali untuk memastikan sawi bersih dari garam.

Cara membuat pasta kimchi :

  1. Siapkan panci, masukkan tepung beras dan air, aduk – aduk hingga tepung beras larut.
  2. Kemudian masak diatas api sedang sambil diaduk-aduk hingga adonan mengental.
  3. Ketika muncul letupan pertama segera matikan kompor, tambahkan gula pasir dan aduk hingga gula larut.
  4. Biarkan bubur tepung mendingin.

Cara membumbui pasta :

  1. Siapkan baskom besar dan tuangkan bubur tepung beras ke dalamnya, tambahkan cabai bubuk, aduk hingga rata menggunakan spatula. Tambahkan kecap ikan, jahe, bawang bombay, bawang putih, aduk rata.
  2. Masukkan daun bawang, lobak dan wortel, aduk hingga rata. Aslinya resep ini tidak menggunakan rajangan lobak, melainkan lobak dipotong dadu dan dibumbui terpisah dengan sawi.
  3. Selubungi kedua tangan anda dengan sarung tangan plastik atau karet yang bersih, kemudian lumuri sawi dengan pasta secara merata pada setiap bagian dan sela – selanya.
  4. Kemudian simpan di dalam wadah toples dengan penutup yang rapat selama 2 hari dalam suhu ruang, lalu simpan kimchi dalam kulkas untuk jangka panjang.

Resep Kimchi Korea dan Cara Membuatnya

Itulah resep dan cara membuat kimchi Korea yang cukup sederhana. Kimchi ini ternyata adalah salah satu makanan yang menyehatkan, karena terdapat kandungan berbagai macam serat dan rendah kalori. Satu porsi kimchi menyumbang lebih dari 50% kebutuhan tubuh harian akan vitamin C dan karotin. Kimchi juga kaya akan vitamin A, thiamine (B1), riboflavin (B2), kalsium dan besi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kimchi dapat Anda nikmati sebagai salah satu bahan pelengkap menu masakan lainnya serta juga dapat dinikmati sebagai lauk utama dalam menu makan pagi, siang, atau malam sekalipun. Selamat mencoba.

resep kimchi, Kimci, cara membuat kimchi goreng, resep kimchi korea ala indonesia, cara membuat kimchi rumahan, resep kimchi sederhana, resep kimchi ala indonesia, kimci#spf=1, cara membuat kimci, kimci sederhana ala indonesia, cara membuat kimchi rumahan sederhana, resep membut kimchi ala rumahan, resep membuat kimchi asli korea, resep kimchi sawi, resep kimchi korea sederhana, resep membuat kimchi rumahan, resep kimchi tradisional korea, membuat kimchi tanpa daun bawang sederhana, membuat kimchi goreng, Cara membuat kimchi korea sederhana, Cara membuat kimchi rumahan yang mudah praktis enak dan sederhana, cara membuat kimchi sawi putih, cara membuat kimci dengan sawi yang sudah direbus, cara membuat pasta kimchi, kimchi ala anak kos, kimchi timun ala indo, cAra bikin kimci, makanan tradisional kimci, timun goreng sederhana ala korea

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *