Resep Gulai Kepiting – Olahan gulai tidak melulu hanya dengan menggunakan daging kambing sebagai bahan utamanya, namun gulai juga dapat menggunakan bahan utama berupa kepiting. Sebenarnya gulai kepiting adalah salah satu makanan khas dari kota Padang, namun karena cita rasa dan kelezatannya sudah sangat populer dan terkenal maka gulai kepiting sudah banyak dijumpai di seluruh daerah yang ada di wilayah Indonesia.

Gulai memanglah salah satu jenis makanan berkuah yang memiliki cita rasa yang unik yaitu adanya rasa manis dan gurih yang bercampur menjadi satu dalam kuahnya. Mungkin bagi sebagian masyarakat Indonesia pastinya sudah pernah mengolah seafood jenis kepiting ini menjadi berbagai macam olahan masakan antara lain kepiting asam manis, kepiting goreng, kepiting saus padang, kepiting saus tiram, serta masakan kepiting lainnya seperti gulai kepiting.

Loading...

Nah, bagi Anda yang belum pernah mencoba untuk mengolah kepiting dijadikan masakan gulai maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuat gulai kepiting berdasarkan resep dan cara membuat gulai kepiting yang kami bagikan di bawah ini.

Resep Gulai Kepiting

Resep Gulai Kepiting yang Enak dan Gurih

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 4 ekor Kepiting segar
  • 1.5 liter Santan kelapa
  • 7 buah Cabai merah keriting (dicuci bersih, lalu dibelah memanjang)
  • 4 buah Asam kandis
  • 3 batang Serai (dicuci bersih, lalu dimemarkan)
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu – bumbu yang dihaluskan :

  • 10 siung Bawang merah
  • 5 ruas jari Kunyit
  • 3 ruas jari Jahe
  • 3 ruas jari Lengkuas
  • 2 sendok teh Lada butir
  • 1 sendok teh Ketumbar
  • 3 sendok teh Garam

Cara membuat Gulai Kepiting yang Enak dan Gurih :

  1. Mula – mula yaitu persiapkan semua bahan dan bumbu yang akan digunakan untuk membuat gulai kepiting.
  2. Kemudian buang kotoran pada kepiting lalu cuci bersih dengan menggunakan air mengalir, lalu belah kepiting menjadi dua bagian, dilanjutkan dengan merebus atau kukus kepiting hingga matang.
  3. Selanjutnya siapkan wajan dengan ukuran sedang, tuangkan minyak goreng secukupnya dan panaskan di atas kompor dengan nyala api sedang.
  4. Setelah minyak goreng panas, masukkan semua bumbu yang dihaluskan dan serai ke dalam wajan dan tumis hingga mengeluarkan aroma yang harum.
  5. Kemudian masukkan cabai merah keriting, aduk – aduk dan masak hingga cabai layu.
  6. Setelah cabai layu barulah tuangkan santan kelapa ke dalam wajan dan aduk – aduk perlahan semua bahan hingga tercampur, masak hingga santan kelapa mendidih.
  7. Lalu masukkan potongan kepiting yang sudah dikukus sebelumnya bersama dengan asam kandis ke dalam wajan yang berisi rebusan santan dan bumbu, aduk – aduk dan masak hingga santan mengental, semua bumbu meresap ke dalam kepiting dan mendidih.
  8. Cicipi apakah rasanya sudah pas atau belum. Jika rasanya masih belum pas, maka bisa menambahkan bumbu sesuai selera.
  9. Namun setelah dirasa sudah pas, matikan kompor dan tuangkan gulai kepiting ke dalam mangkuk saji yang berukuran besar.
  10. Gulai kepiting siap untuk dihidangkan selagi masih hangat.

Resep Gulai Kepiting dan Cara Membuatnya

Gulai kepiting yang selesai Anda buat bisa disajikan bersama dengan nasi putih hangat dan sambal cabai. Proses membuat gulai kepiting cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Masakan gulai kepiting adalah salah satu hidangan yang paling pas jika dinikmati bersma dengan seluruh anggota keluarga atau rame – rame bersama teman, karena akan semakin menambah sensasi kenikmatan dari gula kepiting ini.

Apabila Anda ingin gulai kepiting yang Anda buat memiliki tingkat kepedasan yang super hot, maka Anda bisa menambahkan beberapa cabai merah keriting lagi dalam pembuatan gulai kepiting. Masakan gulai kepiting bisa menjadi hidangan dalam makan siang ataupun makan malam yang dijamin semua anggota keluarga Anda ketagihan ingin terus menikmati gulai kepiting buatan Anda.

Selamat mencoba.

resep gulai kepiting, gulai kepiting



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *