Resep Cilok Goreng – Bicara soal makanan yang tergolong dalam jenis camilan ini memang tidak membosankan, camilan yang enak dan selalu cocok disantap saat musim hujan maupun panas begitu familiar di telinga kita. Hampie semua orang menyukai makanan ringan ini, jangankan anak-anak dari kalangan orang dewasa pun juga sangat menggemari jenis dari cilok goreng ini.

cilok goreng enak spesial, Resep Cilok Goreng spesial, Resep Cilok Goreng mantap, Resep Cilok Goreng maknyus, Resep Cilok Goreng yang lezat, cara membuat Resep Cilok Goreng, cara bikin Resep Cilok Goreng, mengolah Resep Cilok Goreng, memasak Resep Cilok Goreng, menjadikan Resep Cilok Goreng yang  sedap, sajian mudah Resep Cilok Goreng, camilan ringan Resep Cilok Goreng, tips mudah bikin cilok goreng, langkah mudah bikin Resep Cilok Goreng

 

Resep Cilok Goreng

Cilok goreng emang paling enak disantap dengan saus kacang, belum nyobain aja sepertinya udah terbayang akan kelezatannya apalagi kalau udah makan beneran pasti lidah gak mau berhenti untuk makan. Beruntung sekali saya saat ini karena dapat berbagi resep cilok goreng yang sangat enak dan mudah bikinnya. Karena dijamin deh saat Anda mencoba resep cilok goreng ini dirumah pasti semua anggota keluarga akan sangat senang dan begitu menikmati.

Loading...

Walaupun kelihatannya mudah, tapi gak semua orang bisa loh untuk bikin cilok goreng dengan sukses dan lezat. Untuk itu Anda perlu lebih jauh mengetahui cara bikinnya dengan sangat detail serta mengetahui bahan-bahan yang sesuai untuk membuat cilok goreng. Nah, dibawah ini adalah tatacara membuat cilok goreng serta bahan-bahan yang harus dipersiapkan. Yuk langsung aja kita intip beberapa hal dibawah ini.

Bahan untuk Cilok Goreng :

  • 200 gram tepung kanji
  • 200 gram tepung terigu
  • 2 siung bawang putih haluskan
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 batang daun bawang iris halus
  • 400 ml air, penambahan diperlukan sampai adonan mudah dibentuk
  • 1 sendok teh garam
  • air untuk merebus

Bahan Saus Kacang :

  • 150 gram kacang tanah sangrai/goreng lalu haluskan
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh cuka
  • garam secukupnya
  • air secukupnya
  • Campur kacang tanah yang telah dihaluskan dengan cuka, gula pasir, air dan juga garam.
  • Setelah itu panaskan diatas api sebentar hingga mengental, jika ingin pedas bisa ditambahkan dengan cabai sesuai selera.

Cara membuat cilok :

1. Langkah pertama campur tepung kanji dan tepung terigu lalu ayak. selanjutnya tambahkan daun bawang serta bawang putih lalu aduk hingga rata. kemudian Sisihkan dahulu.

2. Kemudian panaskan air (400ml), tambahkan garam, kaldu bubuk dan merica bubuk (jika suka). Lalu Biarkan air hingga mendidih.

3. Masukkan air yang masih panas tersebut kedalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan kalis atau hingga adonan mudah untuk dibentuk. Jika dirasa adonan sudah sudah bisa dibentuk hentikan penambahan air agar adonan tidak terlalu encer.

4. Ambil adonan sedikit dan bentuk bulat (cilok), lakukan sampai adonan habis.

5. Kemudian rebus cilok ke dalam air mendidih. Jika cilok mengapung itu menandakan bahwa cilok sudah matang. kemudian Angkat cilok Tersebut lalu tiriskan sesaat sebelum di kukus lagi hingga matang dan empuk.

6. Jika sudah dikukus dan matang, maka cilok sudah siap digoreng, atau juga bisa langsung disantap dengan cara menyiramnya dengan saus kacang terlebih dahulu.

Itulah tadi semua bahan dasar lengkap untuk pembuatan cilok goreng, jika Anda mempraktekkan resep cilok goreng ini dijamin deh bakalan sukses dan semua orang yang mencicipi cilok goreng buatan Anda akan ketagihan dan selalu ingin makan lagi dan lagi. Karena bikinnya mudah serta semua bahan yang dibutuhkan juga tidaklah sulit untuk didapatkan jadi tidak ada alasan lagi buat Anda untuk tidak bikin cilok goreng spesial yang enak ini. Selamat mencoba dan semoga sukses.

cara membuat cilok, resep cilok, cara bikin cilok, cilok, cara buat cilok, cara membuat cilok goreng, resep makanan ringan, cara membuat makanan ringan, resep cilok goreng, resep cemilan saat musim hujan, Bikin cilok, cara membuat makanan ringan yang mudah, cara bikin cilok goreng, resep cilok enak, resep cemilan ringan, resep cilok ayam, cara membuat cilok enak, makanan ringan, cara buat cilok goreng, cara membuat makanan, Aneka makanan ringan, cemilan musim hujan, Membuat makanan ringan, cara buat makanan ringan, cemilan saat hujan, resep membuat makanan ringan, resep cilok goreng renyah, resep membuat cilok goreng, cara bikin makanan ringan, cara membuat cilok goreng telur



3 thoughts on “Resep Cilok Goreng Paling Enak dan Mudah Bikinnya

  • August 10, 2016 at 2:41 pm
    Permalink

    kalo beli kok rasanya enak ya, gantian bikin sendiri rasanya kurang mantap.

    Reply
    • August 10, 2016 at 2:55 pm
      Permalink

      mungkin takaran bumbunya kurang pas atau bisa jadi udah mencium aromanya aja uda kenyang klo belikan dapet sedikit pasti terasa enak

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *