Resep Chicken Cordon Bleu – Apakah Anda termasuk dalam penggemar makanan steak?. Jika ya,pastinya Anda tahu makanan kuliner dengan nama chicken cordon bleu. Makanan tersebut sangat populer di restauran steak yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jadi bisa dibilang chicken cordon bleu akan dengan mudah ditemukan dalam setiap daftar menu makanan di restoran steak. Awalnya steak diolah hanya dengan mengunakan daging sapi saja sebagai bahan utama.

Namun dengan seiring berkembangnya makanan kuliner, maka sekarang steak tidak hanya diolah dengan menggunakan daging sapi saja, sudah ada banyak steak yang diolah dengan daging ayam, ikan, dan lain – lain. Chicken cordon bleu adalah salah satu dari varian makanan yang dibuat dari berbagai olahan daging. Menurut cerita, chicken cordon bleu berasal dari negara Swiss dan sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia pada tahun 1940 an. Bahan yang digunakan untuk membuat chicken cordon bleu adalah dada ayam fillet tanpa tulang yang diisi dengan daging asap serta keju. Kemudian dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang.

Loading...

Chicken cordon bleu yang beredar saat ini sudah termasuk dalam versi yang sudah dimodifikasi dari resep aslinya. Karena chicken cordon bleu biasanya menggunakan daging babi dan tidak menggunakan daging sapi. Sehingga bagi masyarakat muslim akhirnya mengganti bahan utamanya dengan daging sapi. Bagi Anda yang ingin mencicipi makanan satu ini sebaiknya membuat sendiri di rumah, berikut di bawah ini resep dan cara membuat chicken cordon bleu yang lezat dan krispi.

Resep Chicken Cordon Bleu

Resep Chicken Cordon Bleu yang Lezat dan Krispi

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 2 buah Dada ayam tanpa tulang dan kulit
  • 2 lembar Irisan daging sapi
  • 2 sendok teh Mustard
  • Garam halus secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Keju mozzarella secukupnya

Bahan – bahan untuk kulit :

  • Tepung terigu secukupnya
  • Tepung roti secukupnya
  • 1 butir Telur ayam (dikocok lepas)

Cara membuat chicken cordon chicken cordon bleu :

  1. Langkah pertama ambil daging dada ayam yang sudah dipersiapkan sebelumnya, belah secara horisontal atau melebar dan usahakan jangan sampai terpotong.
  2. Lumuri dengan mustard, garam, dan merica pada bagian tengah dada ayam tersebut, pastian bahwa semua bahan meresap kedalam bagian daging dada ayam secara merata.
  3. Lalu tepat pada bagian tengah daging dada ayam tadi masukkan irisan daging sapi dan keju mozzarella.
  4. Kemudian gulung dada ayam hingga daging sapi dan keju mozarella tertutupi dengan rapat, gunakan tusukan agar daging dan bagian dalamnya tidak keluar.
  5. Setelah itu masukkan daging tersebut ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit hingga dingin.
  6. Jika sudah 30 menit berlalu, ambil daging dan taburi dengan tepung terigu secara merata, celupkan pada kocokan telur dan guling – gulingkan pada tepung roti hingga merata.
  7. Tahap berikutnya siapkan wajan penggorengan yang sudah diisi dengan minyak goreng secukupnya dan panaskan diatas kompor dengan nyala api sedang.
  8. Masukkan daging tadi ke dalam wajan, goreng hingga seluruh bagian daging matang dan berubah warna menjadi kecoklatan.
  9. Jika dirasa sudah matang, angkat dan tiriskan lalu buang tusukan yang digunakan tadi.
  10. Letakkan chicken cordon bleu diatas piring saji dan siap dihidangkan selagi masih hangat.

Resep Chicken Cordon Bleu dan Cara Membuatnya

Cukup mudah bukan resep dan cara membuat chicken cordon bleu di atas?. Untuk menambahkan cita rasa renyah pada makanan tersebut maka bisa ditambahkan baluran tepung roti yang cukup banyak serta pastikan saat menggoreng menggunakan minyak yang lebih banyak. Jika Anda menggunakan minyak yang terlalu sedikit maka akan membuat daging menjadi lembek dan kurang krispi.

Sedangkan dalam penyajian chicken cordon bleu paling mantap disajikan bersama dengan saus tomat atau mayonaise dan jangan lupa menambahkan wortel, brokoli, dan buncis yang sudah dipotong – potong kecil, serta kentang goreng.

Selamat mencoba.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *