Resep Bolu Kemojo – Bolu kemojo adalah termasuk sejenis jajanan pasar tradisional yang berasal dari daerah Riau, Pekanbaru. Kue bolu kemojo memiliki bentuk yang menyerupai bunga kamboja dengan tekstur kue yang empuk. Ciri khas warna dari bolu kemojo adalah berwarna hijau atau cream. Cita rasa dari bolu kemojo sangatlah lezat dan manis. Bagi masyarakat Riau, kue bolu kemojo sudah merupakan hidangan atau camilan sehari – hari serta digunakan sebagai sajian untuk melengkapi upacara adat tertentu.

Bolu kemojo ini jika Anda berkunjung ke daerah Riau akan dengan mudahnya menemukan pedagang bolu kemojo di pasar tradisional atau ada juga di toko – toko kue. Harga dari bolu kemojo juga sangat terjangkau dan ekonomis. Jadi jika Anda berkunjung ke Riau jangan lupa untuk membeli oleh – oleh khas Riau yang berupa jajanan bolu kemojo ini.

Loading...

Resep Bolu Kemojo

Resep Bolu Kemojo yang Manis dan Istimewa

Sebenarnya bolu kemojo ini bisa dibuat di rumah tanpa harus jauh  jauh datang dan berkunjung ke daerah Riau untuk membeli kue tersebut. Bahan yang digunakan untuk membuat kue bolu kemojo sangatlah sederhana dan dapat dibeli di pasar tradisional atau toko swalayan yang ada di sekitar wilayah Anda. Dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai resep dan cara membuat bolu kemojo yang manis dan istimewa. Silahkan Anda simak baik – baik di bawah ini.

Resep Bolu Kemojo yang Manis dan Istimewa

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 6 butir Telur ayam
  • 750 ml Santan sedang
  • 250 gram Mentega, cairkan
  • 300 gram Tepung terigu berprotein sedang, misal tepung segitiga biru
  • 250 gram Gula pasir
  • 1/2 sendok teh Garam
  • 1/4 sendok teh Vanili bubuk
  • Margarin secukupnya, untuk olesan

Cara membuat bolu kemojo yang manis dan istimewa :

  1. Langkah pertama yaitu siapkan sebuah wadah atau mangkuk berukuran sedang.
  2. Kemudian masukkan telur ayam dan gula pasir ke dalam wadah tersebut.
  3. Aduk – aduk kedua bahan tadi hingga tercampur secara merata dan larut. Gunakan balloon whisk untuk mempermudah pengadukan adonan.
  4. Setelah itu tuangkan santan kelapa, tepung terigu, garam, vanili bubuk, dan mentega cair ke dalam adonan.
  5. Aduk – aduk kembali semua bahan hingga tercampur secara merata dan sempurna.
  6. Tahap selanjutnya ambil cetakan kue bolu kemojo, olesi cetakan dengan menggunakan margarin.
  7. Kemudian panaskan oven di atas kompor dengan api kecil.
  8. Setelah oven sudah cukup panas, tuang adonan kue ke dalam cetakan.
  9. Masukan cetakan yang berisi adonan kue ke dalam oven.
  10. Panggang dengan suhu oven sebesar 150 derajat celcius selama 25 menit hingga matang.
  11. Jika dirasa sudah matang, angkat dan keluarkan kue dari dalam cetakan.
  12. Kemudian letakkan diatas piring saji.
  13. Kue bolu kemojo sudah siap dihidangkan.

Resep Bolu Kemojo dan Cara Membuatnya

Itulah resep dan cara membuat kue kemojo yang manis dan istimewa. Proses membuat kue bolu kemojo ini sebenarnya tidak terlalu rumit dan terbilang cukup mdah. Perlu diperhatikan bahwa pastikan untuk menggunakan ballon whisk pada saat mengocok adonan telur ayam dan gula pasir agar lebih sempurna. Kue bolu kemojo ini bisa Anda hidangkan untuk camilan di rumah sembari menonton siaran acara TV atau sedang berkumpul bersama dengan keluarga besar.

Kue bolu kemojo ini paling pas jika dihidangkan dengan secangkir teh hangat atau kopi susu sebagai pelengkapnya. Selain itu bolu kemojo juga dapat menjadi salah satu camilan dalam acara pesta pernikahan, hajatan, syukuran maupun arisan keluarga. Tentunya para tamu undangan akan sangat menikmati dan menyukai camilan bolu kemojo tersebut

Selamat mencoba.

resep bolu kemojo mini, cara membuat bolu kemojo mini, cetakan bolu kemojo mini, resep bolu kemojo 4 telur yg lembut banget, resep bolu kemojo mini yg garing, kemojo



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *