Resep Bakso Beranak Ala Rumahan – Kabar gembira bagi penikmat kuliner bakso, khususnya yang menyukai bakso berukuran sangat besar. Kali ini kulinersehat bagikan resepnya khusus untuk bunda dirumah agar Bunda sekali kali bisa membuatnya sendiri dirumah.

Bakso buatan sendiri akan lebih sehat dan higienis tentunya, agar bunda tak khawatir menyuguhkan untuk keluarga, terlebih untuk sikecilkan tentunya.

Loading...

Resep Bakso Beranak Ala Rumahan

Ukuran bakso yang sangat besar dan berisi banyak bakso kecil kecil didlamnya, hal inilah kenapa bakso ini dinamakan bakso beranak. Persaingan ketat antar pedagang yang menjadikan ide untuk memberi nama bakso beranak. Dikarena sangat banyaknya peminat kuliner ini menjadikan banyak pedagang bermunculan, mulai pedagang kecil keliling hingga pedagang restoran banyak yang menjajakan makanan yang berdahan dasar daging satu ini .

Persaingan antar pedagang menjadikan ide ide kreativ bermunculan,tak hanya bentuk dan ukuranya yang sangat lain dari bisanya nama atau sebutannya pun sering kita temui terdapat sebutan aneh aneh seperti bakso granat, bakso mercon, dan lainlain, Hal ini menjadi daya tarik para tersendiri penikmatnya.

Tak hanya itu saja, kuliner bakso yang biasanya disajikan bersama dengan tambahan tahu, mie, kini sering kita temui para penjual bakso mengkreasikan dengan berbagai tambahan seperti kikil sapi, atau juga ada juga yang menambah ceker ayam dan jerohan, dan lagi lagi tujuanya pun sama menambah daya tarik dan daya beli masyarakat.

Bahan bahan dasar membuat bakso beranak;

-1 kg daging sapi , pilih daging sapi yang berkwalitas tinggi dan yng masih segar tentunya
-100 gr tepung tapioka
– 3 sdk makan tepung terigu
-2 butir telur
-7 siun g bawang putih
-7 sdk makan bawang putig yang telah digoreng
-3 sdk makan bawang merah juga yang telah digoreng
– es batu secukupnya
-2 sdm garam dapur
– 1 sachet kaldu rasa sapi

Resep Bakso Beranak Ala Rumahan

bahan bahan membuat kuah bakso;

-1/2kg tulang sapi
-1 sdm wang putih goreng
-7 siung bawang putitih, haluskan
-2 batang daun bawang rajang halus, sisihkan
-1 sdt merica bubuk
-1 butir bunga pekak
-1 sdm garam
-minyak goreng

cara membuat;

-langkah pertama kita buat baksonya terlebih dahulu, yaitu haluskan masukkan daging pada alat khusus untuk menggiling daging.
-giling daging bersama bumbu dan semua bumbu yang telah dipersiapkan diatas bersama dengan es batu
-bagi adonan menjadi 2 bagian, sebagian untuk bakso yang berukuran besar yang satu lagi untuk bakso yang berukuran kecil kecil.
– didihkan air telebih dahulu, lalu bentuk adonan yang pertama sebesar bulat bulat kelereng sampai semua agian adonan pertama habis.
– jika bakso sudah mengapung angkat dan sisihkan sementara kiata persiapkan untuk membuat adonan yang kedua.
– ambil sebuah baskom dna pipihkan adonan didalamnya masukkan bakso kecil kecil berbentuk kelereng didalamnya, dan tutup kembali dengan sisa adonan.
-masukkan kedalam air mendidih dan rebus sampai mengapung, jika sudah mengapung keluarkan bakso dan sisihkn sementara kita persiapkan kuahnya.
-didihkan air untuk kaldu dan masukkan tulang sapi jika air telah mendidih
-tumis bawang putih sampai harum, tamabahkan daun bawang garam merica juga daun pekak aduk aduk sampai layu.
– masukkan tumisan bumbu kedalah air kaldu dan icipi jika kurang asin boleh ditambah dengan garam, atau jika perlu tambahkan kaldu bubuk dan taburan bawang goreng.

Membuat bakso beranak selesai bunda sajikan bersama bahan tambahan yang lain seperti tahu mie dan tambahan yang lain. Jagan lupa sambal cabainya, caranya rebus cabai kecil dan cabai besar secukupnya, haluskan dan tumis dengan sedikit minyak sebentar saja. jagan lupa dipraktekkan ya bunda semoga berhasil .



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *